Teatrikafajar - Bagi agan-agan yang bergelut
dengan dunia internet marketing tentu sudah paham betul besarnya pengaruh dan
kekuatan dari situs berbagi video Youtube. Sebagai gambaran saja, Youtube
merupakan salah satu situs dengan jumlah pengunjung harian terbesar di bawah
Google serta media sosial Facebook.
Selain itu, situs ini juga
sukses menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google, dengan jumlah
pencarian mencapai 30
juta pencarian setiap hari! Tidak berlebihan kemudian jika
banyak IMers menyebut Youtube sebagai salah satu ladang mengeruk dollar yang
paling potensial.
Dari
situlah kemudian banyak berfikir dan mencari tahu seperti apa sih cara untuk
memenangkan persaingan pencarian video di situs Youtube. Salah satunya tentu
melibatkan peran search engine optimization alias SEO.
Dan hampir sama seperti teknik yang diterapkan pada hasil
pencarian Google, nyatanya ada beberapa trik khusus yang bisa kita pakai untuk
mendapatkan posisi pencarian di PAGEONE Youtube.
Pada
panduan kali ini, kita akan mempelajari beberapa poin penting untuk bisa
memenangkan persaingan pencarian di halaman pertama situs Youtube.
Terapkan beberapa poin tersebut secara maksimal dan lihat hasilnya dalam
beberapa waktu ke depan.
Langsung
saja, mari kita mulai dari poin pertama!
Trik 1: Mencari Video Keyword
Seperti
yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa pada dasarnya teknik SEO yang
diterapkan pada Youtube tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan Google.
Tahap pertama kita harus mencari keyword, atau bahasa kerennya keyword
research.
Namun berbeda dengan pencarian
keyword untuk Google, kita harus menemukan apa yang disebut dengan Video
Keyword. Video
Keyword merupakan sebuah keyword yang tidak hanya dicari
melalui Youtube namun juga muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google.
Untuk
mempermudah, rekan-rekan bisa melihat gambar di bawah ini:
Bisa dilihat bahwa
keyword “cutest cat” menampilkan hasil pencarian halaman pertama Google yang
dipenuhi dengan video Youtube. Keyword semacam inilah yang bisa
dikategorikan sebagai video keyword, karena tidak hanya dicari melalui Youtube,
video dengan keyword ini juga akan tampil dalam halaman pertama hasil pencarian
Google.
Secara umum ada
beberapa tipe dari video keyword yakni:
- Keyword How to (menerangkan tentang cara membuat atau melakukan sesuatu)
- Keyword Review (mereview produk atau sesuatu)
- Keyword Tutorial (menerangkan langkah-langkah atau sebuah proses)
- Keyword Fitness (umumnya berhubungan dengan olahraga atau fitness)
- Keyword Funny Video (tentang video-video lucu)
Tentu banyak bertanya
kemudian mengapa video keyword ini begitu penting?
Secara sederhana,
silahkan dibayangkan jika Anda bisa menemukan sebuah keyword yang tidak hanya
dicari melalui Youtube namun juga dicari melalui Google, dan video Anda akan
tampil di halaman pertama Google, tentu potensi mendapatkan views dan
engagement tentu akan lebih besar bukan.
Cara mencari video keyword
Setelah mengetahui
seperti apa video keyword tersebut, lantas bagaimana cara mencarinya?
Cara yang termudah
tentu seperti yang telah ditunjukkan pada gambar sebelumnya. Kita tinggal
mencari sejumlah keyword yang berhubungan dengan channel Youtube yang akan kita
kembangkan.
Setelah kita menemukan
sejumlah keyword, kita bisa langsung mencarinya di Google. Jika ada video
Youtube yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, maka keyword
tersebut sangat tepat untuk Anda targetkan.
Bonus Tips:
usahakan nantinya video keyword tersebut memiliki jumlah pencarian bulanan
sedikitnya 300. Caranya tentu kita bisa
melihat melalui fasilitas Google Keyword planner atau menggunakan fasilitas
keyword research lainnya. Karena angka pencarian bulanan atau monthly search
300 mempunyai potensi aliran trafik yang sudah cukup bagus.
Lebih besar lagi? Tentu semakin
mantab. Tapi ingat juga persaingannya, guys.
Trik 2: Buat Video Dan Channel Youtube yang Menarik
Setelah
kita mengetahui tentang rahasia video keyword, langkah berikutnya adalah
membuat video serta channel Youtube yang menarik. Pada tahap ini, kita akan
berusaha untuk membuat kesan yang baik di mata Youtube dan viewers melalui
video serta channel yang kita buat.
Jika
kita berbicara tentang kualitas video, mungkin banyak yang berpikir bahwa video
yang bagus selalu dibuat dengan peralatan perekam yang bagus pula. Nyatanya
tidak selalu seperti itu, bahkan jika kita tidak mempunyai peralatan kamera
yang mumpuni, kita masih punya kesempatan dengan membuat video dengan konsep screen
capture alias merekam kegiatan di layar komputer kita, atau bisa juga dengan
membuat video Slideshow.
Sebelumnya
ditekankan bahwa, tutorial kali ini lebih banyak mengarahkan bagaimana
membangun video serta channel yang berkualitas tanpa menggunakan teknik SEO
yang dilarang.
Yang
terpenting adalah, kita mengetahui beberapa fokus utama yang dijadikan tolak
ukur Youtube untuk melakukan rangking video kita.
1.
Faktor Perangkingan
Pertama-tama,
harus kita pahami bahwa video di Youtube tidak bekerja seperti layaknya blog
atau website dalam hal perangkingan. Jika di Google, ada istilah backlink yang
bisa digunakan untuk menentukan kualitas sebuah blog atau website, Youtube
tidak ada yang seperti itu (kecuali meng-embbed video pada blog atau situs
lain).
Yang lebih
diperhatikan sebenarnya adalah beberapa poin berikut ini:
- Video Retention
Video retention
merupakan persentase dari seberapa banyak orang yang melihat video kita
kemudian melihat kembali video kita yang lain. Semakin banyak orang yang
kembali untuk menonton video kita, maka semakin baik pula ranking Youtube kita.
Data ini bisa kita amati di dashboard akun Youtube kita.
- Komentar
Semua komentar yang
masuk pada sebuah video bisa menjadi penanda bahwa video tersebut memang
memberikan dampak pada penonton yang akhirnya di tempatkan Youtube pada posisi
atas. Terlepas dari komentar tersebut positif atau negatif, sangat saya
sarankan untuk aktif memberi tanggapan pada komentar yang masuk.
- Thumbs up/Thumbs down
Tombol like yang ada
di bagian bawah video, juga menjadi penilaian utama sebuah video dinilai
baik atau tidak di mata Youtube.
- Subscribe
Sangat sering kita
dengar, channel dengan subscriber besar umumnya bisa masuk pada halaman pertama
hasil pencarian Youtube dengan lebih mudah. Terlebih jika banyak penonton video
kita yang kemudian langsung subscribe setelah menonton video kita, efeknya akan
lebih maknyos lagi.
- Share
Semakin banyak
penonton yang melakukan share video kita melalui media sosial maupun situs
populer lain, besar kemungkinan video kita bisa menyodok di papan atas hasil
pencarian.
Jadi maksimalkan semua
poin-poin tersebut. Dengan cara? …. baca lanjutannya ya.
2.
Buat Video Di atas 5 Menit
Jika kita teliti
kembali, banyak dari video yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian
Youtube, panjangnya lebih dari 5 menit. Bahkan beberapa diantaranya mencapai
waktu lebih dari 1 jam.
Mungkin kebanyakan
dari kita akan kesulitan jika membuat video yang terlalu panjang. Namun angka 5
menit, merupakan batas minimum yang harus kita usahakan. Secara teori, umumnya
lebih panjang tentu lebih baik.
Namun, hal ini tanpa mengesampingkan kualitas dari video kita lo
ya! Karena bisa dibayangkan, jika kita membuat sebuah video yang dipaksakan terlalu panjang dan nyatanya tidak
benar benar menarik, maka penonton juga takkan segan untuk segera
meninggalkan video kita atau bahkan menekan tombol dislike.
3. Dandani Channel Youtube
Ini yang tidak banyak
disadari oleh mereka yang ingin eksis di Youtube. Umumnya mereka hanya terfokus
pada bagaimana membuat video saja. Namun ada satu rahasia lagi, yakni dengan
membuat channel Youtube yang terlihat profesional, karena ternyata tampilan
channel yang lengkap juga menjadi pertimbangan Youtube untuk “mengangkat”
posisi video kita.
Lalu apa yang harus
dilakukan?
Pertama kita bisa menambahkan, link secara lengkap dari akun
media sosial atau website milik kita. Link ini akan muncul di bagian “About” dalam channel kita.
Kemudian jangan lupa,
menambahkan gambar dari channel. Gambar ini meliputi logo, serta gambar dinding
yang berukuran lebih besar. Tips tambahannya adalah, untuk semakin memperkuat
faktor SEO, berikan nama file gambar tersebut dengan keyword yang kita bidik
dalam pengembangan channel Youtube.
Selanjutnya, jangan lupa tambahkan deskripsi tentang channel
Anda. Dalam deskripsi ini kita bisa mencantumkan tujuan pembuatan channel atau
penjelasan tentang tema video yang banyak diangkat. Di dalamnya kita juga bisa menambahkan
kata-kata yang bersifat LSI atau turunan dari keyword yang kita bidik. Kita
bisa menggunakan tools gratis seperti LSIgraph.com atau
yang lainnya.
4. Buat Custom Thumbnails
Thumbnails dari video
yang kita buat nyatanya juga memberi efek yang sangat besar terhadap
perkembangan dari video tersebut, meskipun tidak secara langsung mempengaruhi
ranking Youtube, setidaknya ini sangat berpengaruh pada penonton kita . Akan
lebih baik jika kita membuat custom Thumbnails.
Yang perlu
diperhatikan, buatlah custom Thumbnails yang mampu menarik keingintahuan
penonton untuk membuka video Anda. Namun jangan sampai menggunakan custom
thumbnails yang menjebak, dengan gambar yang sebenarnya tidak ada hubungannya
sama sekali dengan isi video kita. (apalagi gambar p0rn* dan sebangsanya)
Ini justru akan
memperburuk citra kita di mata penonton.
Di bawah ini contoh Thumbnails dari channel vlogger
Indonesia Edho Zell. Selain kreatif,
thumbnails imut ini juga sangat menarik dan memicu klik tentunya.
5. Buat Sebuah Playlist
Playlist merupakan daftar beberapa video dengan tema yang sama.
Dan ternyata fitur ini juga menyumbang faktor SEO yang
cukup kental dan pastinya bisa kita manfaatkan.
Cara yang paling mudah
yakni membuat playlist dengan judul keyword yang sedang kita bidik. Setelah
itu, kita bisa memasukkan beberapa video yang kita miliki.
Bonus Tips: kita bisa tambahkan beberapa
video dari channel lain yang mempunyai tema sejenis dan video tersebut sudah
cukup populer.
Secara tidak langsung, playlist
ini juga akan membuat video kita muncul dalam daftar “related video” dari video populer yang kita
masukkan dalam playlist tersebut. Serta bukan tidak mungkin playlist tersebut
akan muncul pada hasil pencarian Youtube, yang artinya kita juga akan mendapat
tambahan views. Legit!
Trik 3: Membangun On Page SEO
Pada
tahap ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yakni meliputi nama
file, judul, deskripsi serta tags dari video yang kita upload.
- Nama File
Yang
pertama tentang nama, pastikan nama file video yang kita upload mengandung
keyword yang sedang kita targetkan. Semisal jika kita menargetkan keyword
“weight loss tips” kita bisa menuliskan nama file weight_loss_tips_video.mp4
atau dengan ekstensi video lain.
- Judul Video
Kemudian yang kedua,
judul video. Banyak info yang bertebaran, menyebut bahwa judul video
harus dimulai dengan keyword yang kita bidik. Namun terkadang, adakalanya
keyword tersebut dirasa kurang pas jika dituliskan pada awal judul video.
Selain itu, dari pengamatan saya di beberapa hasil pencarian
keyword Youtube, banyak juga video yang masuk jajaran halaman pertama, nyatanya
tidak menuliskan keyword di awal judul
videonya.
Oleh karena itu,
mungkin yang terbaik adalah untuk tetap memasukkan keyword dalam judul video,
setidaknya di bagian awal jangan terlalu di bagian akhir.
- Deskripsi video
Berikutnya mengenai deskripsi video, di sinilah sebenarnya
bagian yang paling penting. Karena deskripsi video, merupakan bagian dari video
kita yang bisa “dibaca” oleh sistem Youtube. Oleh karena itu jika kita,
ingin mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian Youtube, upayakan untuk
menulis deskripsi yang tidak hanya panjang kamu
juga lengkap.
Secara lengkap,
berikut ini template dari deskripsi video Youtube yang bisa Anda gunakan:
1.
Untuk bagian awal
deskripsi, taruhlah link dari video kita.
2.
Masukkan beberapa
keyword tertarget pada 25 kata awal.
3.
Buatlah deskripsi,
setidaknya sepanjang 250 kata, lebih panjang lebih baik.
4.
Gunakan juga keyword
turunan atau LSI untuk memperkaya deskripsi video kita.
5.
Masukkan Link jika
diperlukan, semisal video kita membahas reviews, bisa kita masukkan link dari
affiliate produk tersebut, atau yang lainnya.
§ Tags Video
Dan yang terakhir
adalah tags. Ini juga menjadi bagian yang sangat penting karena tags merupakan
keterangan dari video yang menentukan bagaimana Youtube memposisikan video
Anda.
Bonus Tips:
Satu tips kecil yang mungkin belum banyak diketahui, kita bisa memanfaatkan
layanan dari ekstensi VidIQ. Bagi yang belum tahu bisa menyimak video
berikut ini (https://www.youtube.com/watch?v=0Jir6dAkff0)
, secara umum VidIQ dapat membantu kita mengetahui informasi terkait sebuah
video serta tags yang digunakan oleh video yang telah menguasai halaman pertama
untuk hasil pencarian keyword tertentu.
Nantinya kita tinggal mencontek tags-tags tersebut untuk
kemudian dimasukkan pada video kita. Plus, satu tips lagi, masukkan juga nama channel dari video
populer yang berada di urutan atas tersebut. Fungsinya adalah,
agar kita masuk pada saran video terkait dari video populer tersebut.
Trik 4: Promosikan Video
Setelah
menerapkan seperangkat tips yang telah dibahas di atas, berikutnya kita bisa
langsung mempromosikan video untuk mendapatkan views tentunya. Dalam hal ini,
lagi-lagi yang ditekankan adalah bagaimana membangun video serta channel
Youtube dengan cara 100% white hat alias resmi.
Tidak
disarankan untuk membeli jasa views atau menggunakan cara-cara yang termasuk
black atau gray hat.
Sebenarnya
pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang hal ini. Jadi, ada beberapa
cara yang bisa kita tempuh untuk mempromosikan video kita.
Yang
pertama melalui forum
Tidak
ada tempat yang lebih baik daripada forum online, untuk memperkenalkan video
yang telah kita buat. Sederhananya adalah forum online berisi orang-orang yang
memiliki ketertarikan yang sama pada sebuah tema atau bidang tertentu.
Jika
kita mempunyai sebuah video yang sesuai dengan tema tersebut, dan memang
bermanfaat, tentunya para pengguna forum tersebut akan sangat
senang untuk melihat video Anda. Tidak hanya itu, kita juga bisa membangun nama
baik di mata netizen.
Selain itu kita juga bisa
menggunakan situs tanya jawab seperti Yahoo Answer atau yang lebih baik adalah Quora, karena Quora lebih banyak berisi
pertanyaan dan jawabannya kredibel.
Kita bisa memasukkan video kita
pada jawaban dari sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan keyword yang kita bidik.
Atau lebih baik lagi, jika kita bisa langsung meng-embed video tersebut pada
jawaban kita.
Pilihan
lain, kita bisa memasukkan link video pada posting blog pribadi kita serta
email signature. Be creative.
Dan yang paling mujarab untuk promosi video, tentu melalui situs media sosial, bisa Facebook, Twitter,
Instagram, atau media sosial lainnya. Caranya pun tentu sangat mudah, kita bisa
mempromosikan langsung pada akun pribadi kita, atau pada grup serta halaman
tertentu, yang tentunya masih berhubungan dengan tema video kita. Ingat, don’t
be spammy!
Lengkap
sudah, panduan tentang teknik SEO untuk video Youtube. Terapkan semua
tips tersebut atau setidaknya pilih beberapa tips yang bisa Anda kerjakan
dengan maksimal. Konsisten dan lihatlah hasilnya.
Punya
tambahan tips? Boleh dong share di kolom komentar.
Jangan Lupa Share Yaaa...Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Jangan Lupa Share Yaaa...Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
0 Response to "Kupas Tuntas Panduan Lengkap SEO Untuk Youtube Bagi Para Pemula"
Posting Komentar